Selasa, 22 Maret 2011

Obama: Khadafi harus Mundur

Ada yang menarik nih, Obama, presiden Amerika Serikat menjelaskan bahwa serangan sekutu dan uni eropa bertujuan memaksa Muammar Khadafi untuk mundur demi rakyat sipil. Tapi itu dibantah oleh sebagian besar pengamat politik luar negeri bahwa sebenarnya tujuannya adalah karena ingin menguasai kilang minyak Libya, seperti diberitakan :Metrotvnews.com, Buenos Aires: Presiden Amerika Serikat Barack Obama tetap meminta pemimpin Libya Moammar Khadafi untuk mengundurkan diri seraya menekankan bahwa operasi militer internasional di Libya bertujuan melindungi warga sipil.

Berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Chile Sebastian Pinera di Santiago, Senin (21/3) waktu setempat, Obama mengatakan operasi 'penegakan sanksi' Perserikatan Bangsa Bangsa bertujuan untuk menghindari ancaman kemanusiaan yang dilakukan Kolonel Khadafi terhadap rakyatnya.

"Amerika Serikat tidak bisa diam tanpa kata sementara Khadafi, yang telah kehilangan legitimasinya, membunuh rakyatnya dan mengancam akan melakuan lebih banyak pembunuhan lagi," kata presiden AS itu. "Kebijakan AS adalah Gaddafi harus mundur."

Obama mengatakan Amerika Serikat akan segera menyerahkan tanggung jawab kepada sekutu yang 'menjaga' wilayah larangan terbang di Libya, seraya mengatakan hal itu akan dilakukan dalam beberapa hari, bukan hitungan pekan.

"Tentunya, situasi yang berlangsung di lapangan, dan seberapa cepat proses pengalihan tersebut berlangsung akan tergantung pada rekomendasi para komandan kami," katanya.

Sebuah operasi militer terhadap pemimpin Libia Moamar Khadafi, yang telah berkuasa selama lebih dari 40 tahun, dimulai Sabtu (21/3) lalu. Pada Senin, pasukan Barat melancarkan serangan udara gelombang kedua terhadap posisi Khadafi dengan payung hukum resolusi PBB yang mengizinkan aksi militer guna melindungi warga sipil Libya. (Ant/DOR)

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com