Senin, 11 Juli 2011

Keindahan Pantai Karsut di Jeneponto

PESISIR pantai bagian selatan Sulsel menawarkan keindahan panorama alam yang beragam dan eksotis. Pantai Karsut di Jeneponto, salah satunya. Objek wisata ini memiliki hamparan pasir putih dengan debur ombak yang tenang. 

Lokasi Pantai Karsut sekitar 15 kilometer dari pusat kota Jeneponto. Jalan akses yang telah teraspal memudahkan pengunjung tiba di lokasi dengan nyaman. Pantai Karsut kini menjadi objek wisata favorit di Butta Turatea. 

Bentang alam yang cukup landai memberi keleluasaan bermain di tepi pantai. Bermain pasir, berlarian, atau menyongsong datangnya ombak yang terhempas ke bibir pantai dapat dilakukan bersama keluarga dengan tenang. 

Suasana semakin nyaman terasa, ketika angin berembus dari sela-sela pohon kelapa yang berderet rapi di bibir pantai. Barisan pohon kelapa ini sering dijadikan tempat berteduh oleh pengunjung saat matahari bersinar terik.

Rani, salah seorang pengunjung mengaku Pantai Karsut dipilihnya untuk berihat atau beristirahat melepas kejenuhan dari rutinitas sehari-hari pada akhir pekan. Suasana yang tenang, keamanan terjamin, serta kesopanan masyarakat sekitar membuatnya senang berada di Pantai Karsut. 

Penataan lokasi Pantai Karsut memang belum sempurna memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Objek wisata ini masih membutuhkan penataan yang lebih baik, terutama pada fasilitas pendukung, seperti tempat bermain keluarga atau penginapan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jeneponto, Hasanuddin Turatea mengatakan, kawasan wisata Pantai Karsut mengatakan, Pantai Karsut direncanakan akan dilengkapi fasilitas bermain water boom. Arena outbound juga akan disediakan untuk menambah kepuasan pengunjung.

Nyali pengunjung akan ditantang untuk melewati bentangan kawat dari ketinggian. Pilihan lainnya, berjalan di atas titian tali yang menghubungkan beberapa pohon kelapa dengan ketinggian tertentu. "Kami berharap area outbound menjadi daya tarik baru wisata," ujar Hasanuddin.

Bukan hanya tempat bermain saja yang akan dibuat. Hasanuddin menambahkan, pemerintah melalui SKPD yang dipimpinnya bakal membangun kawasan pacuan kuda terbesar di Indonesia Timur. 

"Arena pacuan kuda di Kecamatan Bangkala tidak berstandar internasional, tetapi standar lokal. Perlu dilakukan pembangunan lokasi baru," ujar Hasanuddin. 

Keberadaan pantai wisata Karsut menambah daftar objek pariwisata di Sulawesi Selatan. Tempat rekreasi ini juga menjadi sumber pendapatan baru serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

Objek  wisata Pantai Karsut, Desa Kampala, Kecamatan Arungkeke, Jeneponto diresmikan penggunaannya oleh Wakil Ketua DPR RI Anis Matta, Sabtu 28 Mei. Kini pengembangan  tahap kedua sudah siap dilaksanakan.

Tak kurang Rp450 juta dihabiskan untuk pembangunan kawasan wisata pantai baru tersebut. Wakil Ketua DPRD Jeneponto Andi Tahal Fasni Kr Sutte mengatakan, pengembangan tahap kedua akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Sejumlah fasilitas akan dibangun. Seperti lapangan futsal, voli pantai dan dan lapangan tenis pantai.

Selain membangun sejumlah fasilitas wisata pantai, Tahal yang juga pemilik lahan tersebut, akan membebaskan lahan pesisir pantai seluas 10.000 hektar.

"Untuk desain pembangunan tahap kedua ini kami bekerjasama  dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jeneponto, "ujar Tahal Fasni saat ditemui pada peresmiaan wisata Pantai Karsut, Sabtu 28 Mei lalu.

Kawasan wisata pantai tersebut, diberi nama wisata Pantai Karsut dengan lahan seluas 70 hektar sepanjang garis pesisir  pantai. Nama wisata pantai ini diambil dari nama pemilik lahan Tahal Fasni Kr Sutte. Ketua DPD PKS Jeneponto ini mengatakan, anggaran pembangunan wisata pantai Karsut  tersebut menghabiskan dana pribadinya sebesar Rp450 juta. 

"Untuk pembangunan tahap kedua ini, kita akan dibantu oleh Wakil Ketua DPRRI Anis Matta untuk mendatangkan investor yang bergerak di bidang pariwisata. Insya Allah, Juli mendatang investor bersama Menteri Pertanian akan datang di desa ini," beber Tahal.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jeneponto Hasanuddin Turatea mengatakan, sangat merespon wisata Pantai Karsut. Wisata tersebut, kata dia akan menambah deretan wisata di Jeneponto.

Sebelumnya, Hasanuddin, hanya wisata permandian Birtaria Kassi yang diandalkan. "Namun setelah ada Pantai Karsut ini, maka  masyarakat sisa memilih dimana mereka mau berwisata," ujarnya.

Dia mengakui, perawatan wisata permandian di Jeneponto sangat kurang. Itu disebabkan minimnya anggaran pengembangan wisata tersebut, yakni Rp50 juta. "Kalau anggaran  seperti itu kita mau kembangan apa. Tidak  akan maju pariwisata Jeneponto, kalau anggaran untuk pengembangan minil sekali," ujar Hasanuddin. 

Anis Matta Harap Pantai Karsut Jeneponto Bisa Jadi Tujuan Wisata

Wakil Ketua DPR RI, HM Anis Matta menghadiri kegiatan peresmian pantai wisata Karsut di desa Kampala kabupaten Jeneponto, Sabtu (28/5/2011). Demikian rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com.
Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah kabupaten Jeneponto, Komandan kodim Jeneponto, Kepala Dinas Pariwisata daerah Jeneponto, kepala-kepala desa dan masyarakat.
Pantai wisata Karsut ini digagas oleh Wakil Ketua DPRD Jeneponto, Dr Andi Tahal Fasni Kr Sutte, yang akan menjadi tempat wisata baru bagi masyarakat Jeneponto serta dari luar Jeneponto. Dengan keberadaan pantai wisata Karsut ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dari masyarakat Jeneponto ujar wakil ketua DPRD yang juga menjabat sebagai ketua DPD PKS Jeneponto.
Dalam sambutannya Anis Matta menyampaikan bahwa potensi pariwisata yang ada di Indonesia sangat besar. Tetapi yang memiliki daya tarik tinggi bagi wisatawan selama ini hanya sedikit. Dengan keberadaan pantai wisata Karsut ini menambah khasanah pariwisata di Sulawesi Selatan dan hendaknya menjadi monumen perekonomian di wilayah Jeneponto.
Anis Matta memberikan gambaran bagaimana pengelolaan pariwisata di beberapa negara serta beberapa daerah di Indonesia lain yang berhasil. Dengan tumbuhnya pariwisata tersebut akan membuka lapangan kerja yang luas bagi masyarakat.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPW PKS Sulawesi Selatan, Akmal Pasluddin beserta jajaran pengurus DPW PKS lainnya. Kepala-kepala desa dan masyarakat yang hadir menyambut baik diresmikannya pantai Karsut ini


1 komentar:

  1. Keren artikelnya tentang jeneponto, silakan kunjungan baliknya di tunggu

    Jenepontoku

    BalasHapus

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com